Rencana Keuangan Keluarga

Merencanakan keuangan dalam sebuah keluarga merupakan sesuatu yang sangat penting. Bagi kamu – kamu yang sudah punya penghasilan sendiri pasti adad deh, yang udah mulai mikirin rencana – rencana keuangan kamu terutama rencana keuangan pasca menikah. Pasca menikah, pasti biaya hidup kita bakal bertambah. Dalam membangun rumah tangga, kedepannya kita bakal butuh rumah tempat tinggal sendiri, kendaraan, kebutuhan pangan yang bertambah, biaya pendidikan anak, dan juga biaya masa depan keluarga kita.

Keuangan Keluarga

Keuangan Keluarga

Nggak ada salahnya biat kamu – kamu yang udah punya penghasilan menyiapkan uang, yaaa nggak usah banyak banyak lah cukup 5% dari gaji kamu tiap bulan aja. Persiapannya bisa kamu mulai 2-3 tahun sebelum kamu melangsungkan pernikahan. Setelah nikah nanti, misalnya kamu udah punya pekerjaan dan gaji tetap, kamu juga harus banget pinter – pinter nyisihin kebutuhan bulanan, urutin deh kebutuhan kamu dari yang paling penting sampe yang nggak penting. jangan sampe uang kamu kebuang sia – sia dan jangan pernah boros dalam membelanjakan kebutuhan, lihat situasi dan urgensi kebutuhan akan barang yang ingin dibeli.

Kalo kamu nanti udah ada baby, kebutuhan pasti nambah lagi. Nah disini kamu harus pintar – pintar memanage uang lagi. Lebih oke lagi kalo kamu udah punya selama kerja kamu punya prestasi sehingga posisi kamu kamu bakalan naik dan gaji juga naik. Belanja rutin rumah tangga seperti beras , susu, toiletries, dlsb harus terkelola dengan baik.
Jika anak kamu sudah dewasa, pasti biaya bertambah lagi, karena kamu bakal menyekolahkan anak kamu. nah, disinilah tabungan kamu akan sangat bermanfaat. Lebih oke lagi kalau kamu terdaftar asuransi masa depan anak sehingga lebih terjamin. Ingat biaya sekolah semakin mahal, kamu harus benar – benar mengelola keuangan rumah tanggamu dengan baik.

Tinggalkan komentar