Prosedur Klaim Asuranasi Tanpa Masalah

Prosedur klaim merupakan hal yang paling penting untuk diketahui oleh para nasabah asuransi ( pihak tertanggung ), karena dengan prosedur klaim yang lancar diharapkan tidak akan terjadi penundaaan penyelesaian klaim dan dalam keadaaan tertentu yang berujung pada penolakan kali oleh pihak asuransi ( pihak penanggung ).

Beberapa prosedur klaim yang perlu diketahui oleh para nasabah asuransi adalah ;

1. Segera laporkan klaim anda kepada bagian klaim perusahaan asuransi dalam waktu tidak lebih dari 7 hari.

2. Terlepas dari apakah suatu kejadian telah dilaporkan atau loss adjuster, sebisa mungkin anda harus melakukan tindakan pencegahan kematian atau kerusakan harta benda lebih lanjut.

3. Untuk mempercepat proses klaim, persiapkan kronologi kejadian dan sediakan estimasi nilai kerugian / perkiraan nilai perbaikan dari supplier atau kontraktor dan memberikan kepada loss adjuster / perusahaan asuransi pada saat mereka survey ke lokasi. biasanya semua permintaan dokumen disampaikan secara tertulis, dan loss adjuster akan membantu dan memberikan penjelasan yang dibutuhkan. Jika dokumen telah lengkap, adjuster akan memberikan perhitungan laporan perhitungan klaim. Pihak penanggung akan membuat proposal pembayaran dan meminta persetujuan pihak tertanggung. Biasanya proses ini memakan waktu 15 hari, tapi jika klaim nya lebih besar dan kompleks, waktunya akan lebih lama lagi.

4. Berikan informasi / dokumen yang dibutuhkan oleh perusahaan asuransi seperti dokumen bangunan, mesin – mesin dan stock.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s