Rencana Keuangan Sederhana

Rencana keuangan sederhana sebenarnya tidak sesulit yang kita bayangkan. Untuk merencanakan keuangan perlu lebih dibiasakan sejak kita dewasa sehingga saat sudah menerima penghasilan di tempat kerja nanti akan terbiasa untuk mengatur strategi keuangan masa depannya. Percayalah bahwa perencanaan keuangan tidaklah hanya urusan orang kaya, tidak pula hanya untuk orang yang keuangannya bermasalah saja, tetapi perencanaan keuangan sangatlah penting untuk semua golongan ekonomi.

Dalam rencana keuangan sederhana, pencatatan pengeluaran dan pemasukan dalam satu bulan bisa dijadikan awal untuk merencanakan keuangan. Catatan pemasukan dan pengeluaran ini nantinya bisa dijadikan acuan untuk menentukan berapa besar uang yang harus disihkan untuk investasi.

Untuk dana investasi dalam rencana keuangan sederhana, sebaiknya dalam bentuk tabungan atau produk investasi lainnya. Boleh juga dalam bentuk asuransi, tapi biasanya investasi yang dihasilkan oleh asuransi tidak akan lebih besar dari tabungan. Untuk berinvestasi sangat disarankan memiliki dana darurat, yang perhitungannya 3 – 6 bulan pengeluaran bulanan. Mengapa? karena jumlah ini dilandasi fungsi dana darurat yang fungsinya untuk berjaga – jaga jikalau suatu saat sumber pendapatan utama tiba – tiba berhenti ( mis. berhenti bekerja ), dimana biasanya seseorang akan memperoleh pekerjaan baru setelah 3 – 6 bulan menganggur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s