Program Pensiun Pribadi ( Bagian 2 )

Program pensiun pribadi yang baik, tidak boleh hanya mengandalkan program pensiun perusahaan atau Jamsostek, karena belum tentu cukup. Selain itu juga, yang menjadi masalah lainnya adalah kurangnya pemahaman seseorang dalam menginvestasikan dana pensiun untuk instrumen apa saja. sehingga sulit untuk memperkirakan besaran dana pensiun yang akan diterimanya kelak.

Yang juga  tak kalah pentingnya dalam program pensiun pribadi yang baik adalah perlunya pengetahuan mengenai pensiun seperti apa yang diidamkan kelak, bagaimana gaya hidup ketika pensiun, apakah ingin di rumah saja atau jalan – jalan. jika telah mengetahui tunjangan pensiun dan biaya hidup ketika pensiun, barulah diketahui barulah diketahui berapa selisih yang harus ditambah.

Dana Pensiun

Dana Pensiun

Instrumen yang dapat digunakan untuk memupuk dana pensiun salah satunya adalah emas dan aset properti. Di saaat in ada juga yang dalam bentuk reksa dana karena praktis dan mudah. Jika ingin langsung bertransaksi saham, harus melihat perkembangan setiap saat dan juga rumor di pasar. Imbal hasil reksa dana saham bisa sebesar 10 – 20 persen per tahun. Seperti halnya emas yang juga 10 persen per tahun. Jadi bisa disimpulkan jika ingin berinvestasi emas, harus berinvestasi lebih banyak karena imbal hasilnya rendah.

Seperti telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, dana pensiun yang perlu dipersiapkan ada berbagai macam. Diantaranya adalah dana kesehatan, dana untuk jalan – jalan, atau dana untuk berbisnis. Kita perlu menentukan secara bijak mau berbuat apa kita pensiun. Jika ingin berbisnis, dana untuk bisnis ini tidak boleh diambil dari dana biaya hidup. Dana kesehatan bisa diperoleh dengan membeli asuransi kesehatan. Tentunya dengan mengikuti asuransi masa purna karya akan mempermudah lagi impian anda untuk pensiun ceria.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s