Pentingnya Melek Perencanaan Keuangan

Pentingnya melek perencanaan keuangan di masa depan merupakan hal yang masih banyak belum diketahui. Sebagian besar publik mengaku kebutuhan pangan sehari – hari masih jadi objek pengeluaran terbesar mereka saat ini, yang  pada dasarnya sudah terpenuhi dari penghasilan mereka tiap bulan. Namun, mayoritas masyarakat masih mengabaikan pengelolaan keuangan yang terencana dengan tidak menyimpan dana untuk tujuan tertentu yang tidak dapat diprediksi datangnya. Hanya mengandalkan tabungan konvensional tdak mengajak nasabah untuk merancang masa depan seperti salah satu prinsip pengelolaan keuangan untuk mencapai tujuan tertentu.

Dana pendidikan anak, dana kesehatan, dana pensiun, merupakan kebutuhan yang membutuhkan pemisahan perencanaan keuangan yang jelas. Tapi kenyataannya masyarakat masih menyatukan seluruh sisa dana mereka hanya ke dalam satu tabungan. Oleh karena itu cukup mengkhawatirkan jika kita amati bahwa sebagian besar masyarakat masih memilih tabungan sebagai satu – satunya wadah cadangan dana tanpa proteksi.

hasil riset bahkan menunjukkan tingkat kepesertaan asuransi dan investasi masyarakat indonesia masih sangat minim baik investasi emas, reksa dana, properti, maupun saham. Pemahaman menyimpan uang hanya dalam bentuk tabungan dan kurangnya informasi tentang bentuk – bentuk investasi menyebabkan publik tidak memiliki alternatif simpanan selain tabungan konvensional.

One thought on “Pentingnya Melek Perencanaan Keuangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s