Rencana Keuangan Jangka Panjang

Rencana keuangan jangka panjang anda perlu anda atur sejak sekarang ini, selain melaui tabungan bisa juga melalui asuransi. Asuransi biasanya mengatur berbagai macam kebutuhan di masa depan anda. Seperti misal perlindungan jiwa, perlindungan kesehatan, perlindungan dana pensiun, perlindungan investasi dan biaya pendidikan anak. Namun sebelum anda memutuskan untuk mengikuti program – program tersebut, sebaiknya anda list dulu apa apa saja yang anda rencanakan di masa depan anda. Hal – hal yang umumnya direncanakan di masa depan adalah ;

1. Rumah

Untuk membangun rumah, tentu membutuhkan biaya yang relatif mahal. Pembelian tanah dan bahan bangunan tentunya membutuhkan proses tidak singkat seperti 6 bulan – 1 tahun. Berbeda jika anda membeli rumah yang sudah jadi seperti misal di perumahan. JIka anda ingin membeli rumah yang tergolong  ‘idaman’, selain peerencanaan keuangan yang matang anda juga perlu menyiapkan keperluan tak terduga seperti membeli furniture hingga renovasi bagian rumah.

2. Membangun Rumah Tangga

Ketika telah menikah dan berumah tangga budget pengeluaran bulanan pastinya bertambah, baik untuk mebeli kebutuhan primer, sekunder, maupu  tertier. Karena itu anda pastinya perlu berinvestasi agar cash flow berjalan dengan baik.

3. Dana Darurat

Bencana atau musibah merupakan sesuatu yang tidak bisa diprediksi. Yang namanya bencana pasti menimbulkan kerugian , misalnya penyakit, kecelakaan, PHK ( dirumahkan oleh perusahaan). Bencana ini biasanya membutuhkan biaya yang kadang tidak sedikit juga. Oleh karena itu sebaiknya pendapatan anda tiap bulan sebaiknya jangan digunakan untuk membeli sesuatu yang kurang penting, urutkan kebutuhan yang benar – benar urgen untuk dilaksanakan terlebih dahulu. Lebih bagus juga jika anda mendiskusikannya ke konsultan perencana keuangan untuk mengatur strategi keuangan anda di setiap bulannya.

4. Pensiun

Masa pensiun idealnya anda sudah tidak lagi melakukan pekerjan – pekerjaan berat lagi mengingat fisik yang semakin lemah. Untuk mengisi hari hari pensiun kebanyakan orang melakukan bisnis kecil – kecilan yang bahkan bisa dikelola dengan santai di rumah. Untuk memulai bisnis ini sebaiknya pegawai tidak hanya memanfaatkan uang pesangon yang diberikan kantor atau tabungan. Anda bisa mengikuti asuransi dana pensiun yang fleksibel sehingga bisa diambil kapan saja secara terjadwal.

One thought on “Rencana Keuangan Jangka Panjang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s