Dana Pensiun Terencana

Dana pensiun terencana merupakan hak bagi setiap karyawan yang ingin memiliki  masa depan ber kesinambungan yang dapat digunakan untuk modal usaha di kemudian hari.

Berdasarkan UU No. 11 tahun 1992, ada 2 jenis program dana pensiun di Indonesia :

1. Dana pensiun pemberi kerja ( DPPK )

Dana pensiun lembaga keuangan merupakan badan hukum yang dapat didirikan oleh asuransi jiwa atau bank

2. Dana Pensiun Lembaga Keuangan ( DPLK )

Dana pensiun pemberi kerja merupakan badan hukum yang didirikan oleh suatu perusahaan khusus menyelenggarakan program pensiun bagi pekerjanya.

Manfaat dana pensiun juga dibedakan lagi menjadi 3 yaitu :

1. Manfaat pensiun normal

2. Manfaat pensiun dipercepat

3. manfaat pensiun cacat

Tujuan dari diadakannya dana pensiun ini adalah menjaga kesinambungan penghasilan peserta pada masa pensiun, selain itu ada tujuan tambahan juga yaitu menjaga kesinambungan peserta atau ahli warisnya apabila peserta cacat atau meninggal dunia sebelum pensiun.

 

Dana pensiun

dana Pensiun

Dengan menerima dana pensiun terencana ini karyawan akan memperoleh penghasilan di masa yang akan datang setelah masa pensiun. Nantinya modal dana pensiun ini bisa digunakan untuk membangun usaha untuk mengisi kegiatan pasca kerja. Biasanya setelah seorang karyawan pensiun ide bisnis akan bermunculan dengan sendirinya, ada yang sekedar menyalurkan hobby ada yang memanfaatkan peluang. Contoh bisnis yang biasa dijalankan adalah bisnis peternakan, perikanan, properti, transportasi, dlsb. Yang pasti usaha / bisnis tersebut sebaiknya tidak memiliki beban kerja yang berat karena fisik kita semakin tua semakin melemah. Yang paling penting apapun bisnis nya sebisa mungkin menghasilkan keuntungan secara kontinu ( terus menerus ).

Mengikuti program asuransi dana pensiun terencana merupakan suatu langkah tepat dalam menghadapi masa pensiun. Dengan mengikuti program asuransi dana pensiun pengambilan dana yang diinvestasikan kepada pihak penanggung dapat dilakukan secara terjadwal dalam jangka usia tertentu, seperti 55 tahun, 60 tahun, 65 tahun, 70 tahun, dan 75 tahun. Biasanya program asuransi dana pensiun sekaligus juga menyediakan beberapa jaminan lain seperti jaminan perlindungan jiwa, perlindungan kesehatan, dan risiko – risiko lainnya. Sehingga risiko – risiko lain yang kemungkinan menimpa pihak tertanggung akan dittutupi oleh iuran premi asuransi yang dibayarkan oleh pihak tertanggung tiap bulannya.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s