Rencana Keuangan Sehat

Rencana keuangan sehat perlu ditanamkan kepada anak kita sejak kecil karena dapat melatih skill manajemen si anak kelak di masa depan dalam menghadapi globalisasi dan percepatan ekonomi. Di dalam keluarga kita sebagai kepala keluarga atau calon kepala keluarga nantinya perlu memberikan teladan dalam pengelolaan uang  rumah tangga.

 

Jika kita bekerja di perusahaan swasta atau negeri, pastinya tiap bulan kita akan menerima pendapatan atau gaji yang besarnya bervariasi tergantung posisi atau performa kita. Uang yang kita terima tiap bulannya ini perlu kita kelompokkan lagi menjadi semacam anggaran yang mengatur rencana pengeluaran kita dalam sebulan. Kelompokkan pengeluaran untuk biaya kebutuhan pangan ( dapur ), pengeluaran biaya sekolah anak, pengeluaran untuk kebutuhan toiletries, pengeluaran untuk kebutuhan transportasi, rekreasi, dlsb. Usahakan kamu mematok biaya tertentu untuk disisihkan di rekening tabungan kamu. Seperti misalnya kalo gaji kamu 6 juta rupiah, maka patoklah minimal 3 juta rupiah harus wajib kamu simpan di rekening bank kamu. Dan itu rutin tiap bulan, jadi kalo bisa jangan sampe kamu habisin semua gaji kamu buat kebutuhan yang nggak begitu urgen. Nanti kalo suatu saat ada kebutuhan yang mendadak banget uang yang kamu simpen tiap bulan itu bakal ada gunanya banget, daripada kamu pinjem atau cari utangan. Nah, itu semua bagian dari rencana keuangan sehat yang bisa kamu coba.. =)

 
Nah, mengingat kondisi ekonomi yang sulit di prediksi ( seperti inflasi, sanering, deflasi atau krisis ) masa depan keuangan kamu perlu dipersiapkan sejak dini. Strategi jangka panjang apa2 aja yang perlu diatur di masa  depan kamu, semuanya harus dirinci, seperti misal mau nyekolahin anak dimana, mau beli mobil model apa, pengen punya rumah yang gimana, atau mau ngelanjutin S2 kapan n dimana?? itu itu semua harus kamu pertimbangkan untuk menata rencana keuangan sehat kamu.

 
Oleh karena itulah, makanya setiap manusia perlu punya visi dan misi hidup. Karena ini juga menyangkut generasi yang akan datang juga. Apalagi kamu kamu semua calon jadi orang tua kan, agar rumah tangga kamu bahagia dan harmonis kamu perlu mempersiapkan rencana keuangan kamu sebaik dan sedini mungkin. Melakukan investasi dan bisnis bisa juga jadi nilai plus buat rencana keuangan sehat kamu..

 

 

so, awali dari sekarang rencana keuangan sehat kamu..

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s