Rawat Jalan Sebagai Bagian Pelayanan Asuransi Kesehatan

Rawat jalan bagian dari pelayanan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan merupakan salah satu asuransi yang palung urgen untuk kita miliki diantara  asuransi – asuransi lainnya. Yang namanya penyakit memang terkadang sulit untuk dideteksi kedatangannya. Apabila serangan penyakit tidak kunjung pergi dari tubuh kita selama lebih dari 3 hari, pastinya kita perlu untuk memeriksakannya ke dokter terdekat atau rumah sakit. Seringkali demam – demam ringan, atau flu ringan namun apabila tidak segera diobati akan memperparah kondisi tubuh dan menggangu performa kerja kita.

Biaya pelayanan kesehatan yang mahal akan sangat membebani anda jika tidak dijamin oleh asuransi atau penanggung. Banyak kasus dimana seseorang harus menjual harta bendanya habis – habisan untuk membayar biaya perawatan penyakitnya. Salah satu tata cara untuk mengajukan klaim program rawat jalan adalah :

  • Karyawan langsung mengunjungi dokter umum pda rumah sakit/klinik resmi/dokter praktek resmi.
  • Meminta dokter/bagian administrasi untuk melengkapi formulir klaim termasuk diagnose
  • Dokter spesialis anak, mata, kulit, THT, tulang dan kandungan) boleh tanpa rujukan dokter umum, selain spesialisasi diatas perlu rujukan dokter umum.
  • Melengkapi kuitansi asli penagihan dengan cap asli dan materai dari rumah sakit/ dokter yang memeriksa.
  • Mengajukan kwitansi dokter dan formulir klaim ke HRD perusahaan.
  • Pihak HRD merekap tagihan rawat jalan pada formulir yang disediakan pihak asuransi.
  • Mengirimkan berkas tersebut ke pihak asuransi, biasanga dalam jangka 30 hari sejak terbitnya kwitansi.

Nah, karena rawat jalan sebagai bagian pelayanan asuransi kesehatan, selama rawat jalan kita pastinya sering tertanggung asuransi akan membeli obat di apotek,dalam membeli obat kita perlu rujukan dari dokter umum/ dokter spesialis, juga berdasarkan hasil diagnosa lab penyakit yang diderita. Jika kita ingin membeli vitamin untuk suplemen, tidak boleh seenaknya diganti keciali berkaitan dengan avitaminosis. Disini kita juga perlu melengkapi kwitansi pengalihan asli dari apotek dengan rincian obat.

Rawat Jalan

Rawat Jalan

Untuk pemeriksaan diagnostik sendiri, juga berdasarkan rujukan dokter umum atau spesialis dan harus berdasarkan diagnosa penyakit yang diderita. Jangan lupa melampirkan surat rujukan dan hasil baca pemeriksaan serta kwitansi penagihan yang di cap oleh rumah sakit/klinik. Dan akhirnya ajukan klaim ke asuransi maksimal 30 hari setelah hari kejadian.

Bagaimana? penting kan asuransi kesehatan buat pegawai, mending bayar premibuat meng cover biaya rawat jalan kita jikalau suatu saat terjadi sesuatu pada kita. ya kan? mencegah kan lebih baik daripada mengobati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s