Dana Pendidikan Anak Yang Terencana

Dana pendidikan anak yang terencana merupakan idaman semua orang tua yang ingin anaknya sukses di sekolah maupun kuliah tanpa mengalami kesulitan di bidang biaya. Apabila kita amati secara detail, biaya sekolah dan kuliah cenderung semakin mahal tiap tahunnya. Baik sekolah negeri maupun swasta rata – rata mematok uang SPP yang tidak kecil. Bagi keluarga yang taraf ekonominya dibawah rata – rata, tentu ini menjadi problem tersendiri karena mereka tetap anaknya sekolah dan kuliah sampai selesai agar masa depan anaknya nanti cerah dan sukses. Sekedar informasi, uang pangkal masuk SD saat ini sekitar 8 juta, uang pangkal masuk SMP 9 Juta, sementara itu uang pangkal masuk SMU sekitar 10 Juta. Belum lagi memasukkan uang SPP bulanan biaya formulir, dan biaya daftar ulang per tahun. Jenjang perguruan tinggi sendiri, untuk perguruan tinggi negeri bervariasi tergantung jurusan. Jurusan kedokteran dan teknik pastinya harganya selangit, rentang 25 juta sampai 200 juta. Jangan lupa untuk memasukkan kenaikan biaya pendidikan per tahun, asumsikan saja 20% per tahun. Jadi kalau sekarang uang pangkal masuk smu adalah 10 juta dan rata- rata usia masuk smu adalah 16 tahun, pastinya akan beda jika dibandingkan dengan 12 tahun lagi, jauh lebih mahal.

Mengikuti program beasiswa merupakan salah satu alternatif untuk mendapatkan dana pendidikan anak yang terencana. Berbagai beasiswa biasanya disediakan pihak pemerintah maupun swasta baik beasiswa prestasi maupun beasiswa keluarga tidak mampu. Biasanya pemohon biasiswa cukup mengisi form persyaratan yang harus ditandatangani oleh beberapa instansi terkait seperti sekolah tempat belajar si pelajar pemohon beasiswa, RW atau Lurah. Beasiswa Pendidikan juga tidak hanya untuk sekolah tetapi kuliah, biasanya pihak pemerintah diinisiasi oleh DIKTI yang memberikan beasiswa atau uang saku kepada anak – anak yang tidak mampu. Bahkan bagi siswa – siswi yang pernah berprestasi mengharumkan nama Indonesia, seperti misal peraih medali Olimpiade Sains Internasional, biasanya diberikan beasiswa penuh untuk kuliah sampai jenjang Master (S2) di dalam negeri maupun luar negeri.

Dana Pendidikan Anak

Dana Pendidikan Anak

Salah satu alternatif lain dalam mempersiapkan dana pendidikan anak yang terencana adalah dengan mengikuti program asuransi yang khusus untuk mempersiapkan dana pendidikan anak di masa depan. Salah satu program asuransi pendidikan biasanya memberikan investasi biaya pendidikan anak sesuai dengan jenjang pendidikannya. Keuntungannya kita dapat leluasa menetapkan besar pertanggungan dan investasi sesuai dengan kebutuhan. Ada juga asuransi yang dikhususkan untuk buah hati anda yang masuk perguruan tinggi S1 sampai usia 23 tahun. Masa pembayaran premi fleksibel sesuai dengan kebutuhan pendidikan putra – putri anda maupun kondisi keuangan anda, yaitu ada yang 5 tahun, 10 tahun dan 15 tahun.

Oleh karena itu agar masa depan anak anda cerah dan sukses, pastikan anda sudah memiliki investasi sebagai perencanaan dan persiapan untuk pendidikan anak anda. Seiring majunya ilmu pengetahuan dan teknologi pastinya kita tidak ingin anak kita nanti akan tertinggal. Generasi yang cemerlang bisa dimulai sejak saat ini. Jangan ragu untuk mendaftarkan anak anda ke sekolah yang berkualitas, bukan hanya fasilitas gedung, ruang kelas dengan bangku dan meja yang mewah, dan seragam yang ekslklusif,  tetapi juga kualitas guru dan murid murid nya yang memiliki kompetensi dan semangat belajar serta gemar ke perpustakaan untuk membaca buku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s