Mengajari Anak Menabung

Mengajari anak menabung sejak kecil merupakan salah satu pengetahuan yang harus diberikan pada anak bila anak punya uang tanpa harus menabung di bank. Anak kecil identik dengan minta uang jajan pada orangtuanya atau kadang diberi oleh orang lain. Adalah tugas para orang tua untuk mengajari anaknya sejak dini untuk menghemat uangnya dan tidak boros. Karena kebiasaan ini kemungkinan akan membuat sang anak menjadi hemat hingga tua nanti. Sehingga mengajari anak sedikit ilmu perencanaan keuangan yang berguna untuk masa tuanya.

Mengajari Anak MenabungMengajari Anak Menabung

Bisa dimulai saat anak masih TK saat punya uang jajan, belikan celengan yang bentuknya lucu. Berikan pengertian pada anak supaya menghemat uang jajannya dengan memasukkan uang jajannya ke dalam celengan tersebut sedikit – sedikit saja, baik uang logam maupun uang kertas. Tak ada salahnya juga membelikan anak dompet supaya dapat menata uangnya teratur tidak berceceran di saku baju atau celana. Sehingga si anak akan lebih teratur jika ingin membeli sesuatu dengan harga tertentu.

Seiring sejalan dengan belajar menabung, pada waktunya nanti juga si anak akan mempelajari ilmu ekonomi yang didapat di sekolah nya. Dengan ilmu ekonomi yang diberikan oleh guru mereka di sekolah baik berupa metode, teori, ata yang mereka peroleh dari buku pelajaran, akan semakin menambah wawasan mereka tentang pentingnya menabung untuk perencanaan keuangan masa depan. Nantinya, semakin dewasa dengan berkembangnya kemampuan matematika dan komputer mereka, sang anak diharapkan bisa mengkalkulasi kebutuhan kebutuhan apa saja yang mereka butuhkan di masa depan dan terampil dalam mengendalikan anggaran keuangan rimah tangga.

Jadi minimal saat si anak sudah memasuki jenjang SMA, diharapkan dia sudah bisa membuka rekening tabungan di bank. Jika si anak sudah menjadi nasabah bank pastinya akan mengenal istilah deposito, saldo, bunga, pemegang saham bank, kredit, anjungan tunai mandiri dan skala likuiditas. Usahakan untuk memilih bank berjenis syariah terutama bagi yang umat muslim karena dapat menghindari riba.

Pada akhirnya, si anak akan berdisiplin untuk menabung penghasilannya tiap bulan yang tentunya sangat berguna di masa tua merekan.. =)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s