Solusi Mengatur Keuangan Secara Sehat

Kamu pusing ngatur keuangan sehari-hari? pendapatan pekerjaan tiap bulan yang kamu terima selalu saja habis, karena kamu boros. Jangan khawatir, artikel ini bakal ngasih kamu sedikit pencerahan supaya kamu bisa lebih mengatur perencanaan keuangan kamu secara benar dan keuangan kamu tetap aman.

Trik mengendalikan keuangan yang pertama kamu musti lakuin ialah coba kamu buat suatu anggaran dengan nilai nominal yang sesuai dengan pendapatan kamu tiap bulannya, tentunya harus masuk akal sama nyesuaiin kebutuhan kamu yak?!😉

Jadi, coba deh kamu catet pengeluaran kamu di bulan-bulan yang kemaren, misalkan pengeluaran kamu perbulan biasanya Rp. 600000 kalo bisa nih ya (dan harus bisa =)) pengeluaran kamu di bula-bulan selanjutnya jangan ngelebih segitu. Buat dikombinasiin sama anggaran, coba deh kamu catet dalam satu hari kamu ngabisin berapa, semua yang kamu beli/keluarin dari yang kecil ampe yang besar. Semuanya ya! jangan ada yang ketinggalan. Ato, bagus lagi kalo HP kamu kesambung ke internet bisa nyatet lebih gampang tuh, gak perlu lagi make buku. Nah, manfaatin deh tuh layanan yang bisa nyatet keuangan secara gratisan. Nah, kalo semuanya udah kedata/kecatet buat apa-apa aja duit kamu pake kamu bisa tau pengeluaran mana yang menurut kamu terlampau besar tapi gak begitu penting banget sehingga bisa kamu kurang-kurangin kedepannya.

Oh iya, jangan lupa, kamu juga mesti punya target keuangan. Tetapin deh tuh target keuangan kamu di masa depan, buat apa apa aja kira-kira rencana kamu, misal buat biaya married, beli kendaraan/rumah, ngelanjut S2, ato menjalankan ibadah. Kalo kamu udah punya target, pola pikir ngatur keuangan kamu pasti jadi teratur dan terkendali.

Selamat mencoba, yah.. =)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s