Perencanaan Keuangan Menuju Pernikahan

Banyak yang mungkin masih belum begitu mementingkan perencanaan keuangan dalam mempersiapkan pernikahan. Tabungan yang masih pas-pasan membuat pesta pernikahan yang diinginkan kedua belah pihak tidak terwujud. hal tersebut sebenarnya bisa dihindari. Ada beberapa diantaranya ;

1. Mulailah menabung sejak kamu mulai memperoleh penghasilan dari pekerjaan kamu, lebih bagus lagi kalo pekerjaannya punya gaji tetap. Bahkan jauh lebih baik lagi kalau misalnya kamu kamu yang masih berstatus single alias belom punya pasangan udah mulai siap-siap nabung buat perencanaan pernikahan. Yaa, misalnya sisihin lah 10% aja dari penghasilan perbulan kamu buat biaya pernikahan atau seenggaknya kalau emang bener-bener kebutuhan kamu super banyak dan gak sempet nyisihin barang 10 % sekarang-sekarang ini , yaa minimal 1 tahun sebelum nikah mulai harus mulai bisa lah.

2. Perlu juga nih kita cari tau jumlah pasti dana yang dibutuhin buat nikah. Boleh deh ni kamu mulai berselancar di internet liat-liat rincian kebutuhan pesta nikah, misalnya sewa gedung, dekorasi, rias busana, foto studio dan menu makanan. Sekarang sih udah banyak wedding paket gitu, udah ada harga-harganya juga, bisa kamu kira-kira deh butuh berapa lama kamu ngumpulin duit. Jangan lupa juga ya amati kenaikan harganya tiap tahun.

Ada juga beberapa hal yang jangan kamu lakuin selama perencanaan keuangan, nih dia :

1. Jangan pernah kamu berdua bikin rekening gabungan buat nyiapin perencanaan keuangan pernikahan kamu. Karena belum tentu juga kamu bakal jadi nikah (bukan doa jelek ya), siapa tau aja putus di tengah jalan. Pokoknya gimanapun, kamu tetep aja nabung di rekening sendiri-sendiri.

2. jangan nyoba pinjem ke bank deh, kenapa? karena bunga yang harus kamu bayar tuh gak sebanding sama acara resepsi pernikahan kamu yang notabenenya cuma beberapa jam. Jangan sampe tahun tahun setelah nikah kamu masih dibebanin bayar bunga utang biaya resepsi itu.

Nah, sekarang kalo kamu udah nikah, perencanaan keuangan apa aja yang bakal kamu butuhin buat ngejalanin bahtera rumah tangga, berikut ini hal-hal yang perlu kamu ketahui :

1. Tempat tinggal

Rencanain juga deh dari sekarang-sekarang buat tempat tinggal kamu berdua. Karena malu juga kan ya kalo kamu lama-lama tinggal di tempat ortu atau mertua. Makanya mulai sekarang bikin deh tabungan buat biayain pembelian atau kredit tempat tinggal kamu. Hal ini penting lho sebelum kita mikirin kearah beli kendaraan pribadi.

2. Anak

Siapin deh tu tabungan buat anak, rencanain juga ya kira-kira pengen punya anak berapa. Atur budgetnya dari dia lahir sampai lulus kuliah. perlu survei juga nih kamu, mengenai berapa biaya sekolah sekarang, karena suka naik tergantung baik buruknya perekonomian di negara kita

3. Asuransi Jiwa

Ya, buat jaga-jaga aja sih. Kalau aja terjadi sesuatu yang nggak diinginkan sampai kita meninggal dunia, supaya anak istri kita nggak kehilangn sumber mata pencaharian buat membiayai kehidupan sehari-hari.
nah begitu kira-kira saudara-saudara… =)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s