Perencanaan Keuangan Jangka Pendek

Perencanaan keuangan jangka pendek merupakan salah satu cara melakukan persiapan finansial di masa dapan untuk kebutuhan jangka pendek, seperti misalnya untuk ber- investasi jangka pendek dan biaya sekolah anak. Perencanaan keuangan jangka pendek ini perlu dilakukan sejak kita mulai mendapatkan penghasilan sendiri dan manfaat yang kita peroleh tentu tidak membutuhkan waktu yang lama.

Banyak orang yang memilih jalur asuransi sebagai perencanaan keuangan jangka panjang. Dengan mengikuti polis asuransi mereka hanya perlu membayar iuran premi bulanan untuk menjamin kerugian yang mungkin mereka alami di masa depan seperti misalnya kerugian jiwa, kesehatan, masa tua, investasi dan sebagainya. Dalam asuransi ini terdapat dua pihak yaitu pihak penanggung ( pihak asuransi ) dan pihak tertanggung ( pihak yang nasabah asuransi ). Untuk menghitung berapa besar risiko yang mungkin diterima oleh pihak penanggung, maka perlu memainkan ilmu aktuaria untuk melindungi risiko dan memperkirakan klaim di kemudian hari dengan tepat.

Salah satu perencanaan keuangan lain untuk waktu yang relatif sebentar adalah melakukan investasi jangka pendek atau perencanaan keuangan jangka pendek. Peluang investasi jangka pendek ada banyak, diantaranya adalah :

1. Tabungan

Dengan menabung di bank, uang bisa dicairkan kapan saja. Kamu tinggal tarik langsung dari bank atau atm terdekat. Namun bank memiliki kelemahan, karena tingkat bunganya rendah.

2. Deposito

Deposito sedikit berbeda dengan tabungan karena tabungan bisa diambil kapan saja, sementara deposito bisa diambil namun dengan jangka waktu tertentu alias ada jatuh tempo nya. Misalkan kamu mengambil deposito 3 bulan, maka uang kamu harus tersimpan di Bank selama 3 bulan, baru bisa diambil. Jika mengambil uang sebelum jatuh tempo, maka dikenakan pinalti.

3. Reksadana

Reksadana jangka pendek salah satunya adalah reksadana yang berkaitan dengan pasar uang. Pada reksadana ini uang akan dimasukkan dalam obligasi jangka pendek, sertifikat Bank Indonesia dan Deposito.

4. Saham

Ada saham – saham di pasar modal yang fluktuasi harganya cukup cepat, saham – saham ini cocok untuk investasi jangka pendek.

5. Emas

Menurut para perencana keuangan, emas layak dipertimbangkan sebagai alternatif instrumen investasi saat kondisi pasar modal sedang buruk. Karena emas tidak terpengaruh inflasi, kalau dana sudah dibutuhkan investor bisa menjual emasnya dengan mudah. Sebenarnya, perbedaaan investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang hanya terletak pada waktu dan likuiditasnya saja.

Salah satu pemanfaatan perencanaan keuangan jangka pendek yang lain adalah biaya sekolah anak. Seperti kita tahu, biaya sekolah anak makin hari makin mahal, seperti uang gedung, uang SPP, uang praktikum, dan lain lain. Baik sekolah negeri maupun swasta biayanya selalu meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini dipengaruhi oleh perekonomian nasional yang bergejolak, seperti misalkan disebabkan oleh inflasi. Nah oleh, karena itu supaya kegiatan belajar anak kita di sekolah menjadi nyaman, perlu kita siapkan anggaran khusus untuk biaya sekolah anak – anak kita nanti. Walaupun biasanya pemerintah atau swasta sering menyiapkan beasiswa pendidikan melalui guru, tak ada salahnya kita merencanakan pengalokasian keuangan jangka pendek kita untuk biaya sekolah anak kita, salah satu cara yang bisa digunakan adalah mengikuti asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan ini biasanya menjamin biaya sekolah anak murid pada jangka waktu tertentu ada yang hanya selama masa kuliah saja ( 5 tahun ) dan ada yang dari SD sampai SMA/Kuliah juga.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s